CIRI – CIRI ORANG YANG BERHASIL MERAIH KEUTAMAAN RAMADHAN


Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh
Segala puji hanya milik Allah SWT sang pencipta langit dan bumi beserta isinya. Dia-lah Allah yang menciptakan manusia dari segumpal darah yang berasal dari air yang hina. Hanya orang-orang yang bertaqwalah yang berhak mendapatkan kemuliaan di sisi Allah SWT. Syalawat serta salam kita curahkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yang merupakan manusia yang paling mulia yang pernah Allah ciptakan. Beliau adalah orang yang diciptakan untuk rahmat sekalian alam. Hanya orang-orang yang mengikuti sunnah Beliau dan banyak bersyalawat kepada Beliau-lah yang akan mendampingi Beliau di Syurga kelak.
Bulan yang penuh berkah sudah akan meninggalkan kita. Nabi dan para sahabat terdahulu selalu menangis saat Ramadhan akan meninggalkan mereka. Tetapi kalau kita sekarang, malah bergembira dengan kepergian bulan Ramadhan ini padahal sabda Nabi “ seandainya ummatku tahu tentang keutamaan bulan ramadhan maka mereka akan mengharap satu tahun penuh menjadi bulan ramadhan “. Jangankan menjalankan ibadah selama ramadhan, kita menyambut bulan Ramadhan saja dengan penuh kegembiraan maka sudah terhapus dosa kita setahun yang lalu.
Bulan ramadhan ibaratnya adalah bulan perlombaan. Berlomba meraih keutamaan – keutamaan di bulan ramadhan. Bagaimana cara kita melihat diri kita berhasil meraih keutamaan – keutamaan bulan Ramadhan ???. Dalam bulan Ramadhan itu sedikitnya ada 4 perkara yang menjadi inti tujuan di bulan ramadhan, yaitu sebagai berikut :
1. Penundukan hawa nafsu
Hakikat orang berpuasa adalah penundukan hawa nafsu. Allah memerintahkan berpuasa agar nafsu tunduk dan takluk pada Allah karena satu-satunya jalan untuk menundukan nafsu adalah dengan lapar yaitu puasa. Bagaimana cirri-ciri orang sudah mampu menundukan hawa nafsunya dengan puasa ….?????
a. Jika dia dulu sebelum puasa adalah peMARAH maka setelah puasa dia menjadi orang yang peRAMAH.
b. Jika dulu sebelum puasa dia suka berkata kasar, jorok, kotor, suka menghina dan meremehkan orang lain dan sombong maka setelah puasa dia akan selalu berkata lembut, sopan dan santun kepada siapapun.
c. Jika dulu sebelum puasa dia suka berzina ( zina mata, tangan, zina dengan wanita, dsbnya ) maka setelah puasa dia sangat membenci zina.
d. Jika dulu sebelum puasa dia suka minum minuman keras, berjudi, main togel, suka main perempuan, selingkuh maka setelah puasa dia menghilangkan itu semua.
e. Jika dulu sebelum puasa dia malas beribadah maka setelah puasa dia akan semakin rajin beribadah. f. Jika sebelum puasa dia hanya prioritas mencari harta dunia atau sibuk dengan pekerjaan dunia maka setelah puasa dia akan selalu sibuk mencari pahala akhirat dan akan sibuk dengan urusan akhirat.
2. Mendapat sifat kasih sayang ( rahmat )
Pada 10 hari pertama di bulan Ramadhan Allah melimpahkan rahmat_Nya kepada hamba_Nya. Bagaimana ciri-ciri kita mendapatkan limpahan rahmat Allah tersebut …..?????....
a. Jika sebelum ramadhan dia suka menyakiti orang, mengolok-olok orang, mencaci maki orang maka setelah puasa dia akan semakin sayang dan cinta kepada orang lain.
b. Jika sebelum ramadhan dia memutuskan tali silaturrahim maka setelah ramadhan dia akan terus menyambung tali persaudaraan terhadap siapapun.
c. Jika sebelum ramadhan dia pelit, tidak pernah sedekah, tidak mengeluarkan zakat maka setelah ramadhan dia selalu dermawan kepada fakir dan miskin dan pada siapapun.
d. Jika sebelum ramadhan dia suka membenci antar sesama maka setelah ramadhan dia selalu menyayangi siapapun termasuk sayang pada binatang, tumbuhan dan sebagainya.
3. Mendapat pengampunan ( penghapusan dosa ).
Pada 10 hari kedua bulan ramadhan Allah melimpahkan ampunan kepada hamba-hamba-Nya. Nah, bagaimana cirri – cirri orang yang mendapat ampunan dari Allah SWT ….?????
a. Jika sebelum ramadhan dia suka berbuat dosa maka setelah setelah ramadhan dia akan meninggalkan semua pekerjaan yang dapat menghasilkan dosa.
b. Jika sebelum ramadhan dia suka berbuat maksiat maka setelah ramadhan dia akan meninggalkan maksiat tersebut sehingga membuat hatinya damai dan tentram.
c. Jika sebelum ramadhan dia sulit minta maaf dan memaafkan maka setelah ramadhan dia akan budayakan jiwa saling maaf memaafkan.
4. Penghapusan nama kita dalam daftar penghuni neraka.
Sesungguhnya nama-nama manusia sudah tercatat sebagai penghuni neraka kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh. Pada hakikatnya “ syurga diciptakan untuk seluruh ummat Islam kecuali orang islam yang tidak beriman dan tidak beramal sholeh “ dan “ neraka diciptakan untuk semua orang non islam/ kafir kecuali mereka yang masuk Islam dan beramal sholeh “. Pada 10 hari terakhir bulan ramadhan Allah membebaskan hamba_Nya dari api neraka.
Lalu bagaimana ciri-ciri orang islam yang sudah terhapus namanya dalam daftar penghuni neraka ????
a. Jika orang yang dibebaskan dari penjara menjadi bahagia maka orang yang sudah dihapus namanya dalam daftar penghuni neraka juga akan merasa sangat bahagia lagi, hatinya selalu bahagia.
b. Hidupnya terasa nikmat tanpa beban apapun. Dia tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi pada masa pembebasan tersebut.
c. Dia selalu bersyukur dan berterima kasih pada Allah SWT atas semua yang dia dapatkan selama hidupnya.
d. Dia akan terus berjanji kepada Allah akan meninggalkan semua yang dilarang dan melaksanakan semua yang diperintahkan oleh Allah, inilah yang disebut sebagai TAQWA yang menjadi tujuan akhir puasa kita.
Demikian isi uraian singkat dari saya. Mohon maaf bila ada yang salah dan khilaf. Semoga ini bermanfaat untuk kita semua terutama bagi diri saya pribadi. Yang benar datang dari Allah dan yang salah murni datang dari diri saya pribadi. Kritik dan saran dapat dilayangkan ke nomor HP saya 085937020990.
Wassalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh.
Penulis,
Hijrah S.Pd. M. Saleh H. Nurdin

Leave a Reply